Pages

Kakang Mbakyu Trenggalek

Diberdayakan oleh Blogger.

Sabtu, 24 Januari 2015

Komunitas "Aku Tresno Trenggalek"

"Melakukan sesuatu untuk Kabupaten Trenggalek"

Ya, itulah yang menjadi visi komunitas "Aku Tresno Trenggalek".
Komunitas ini memang masih seumur jagung, baru dibentuk tanggal 31 Desember 2014 lalu. Namun kami sudah memiliki 'sesuatu' untuk Trenggalek.

Saat ini, komunitas Aku Tresno Trenggalek (#ATT) sedang merintis sebuah proyek sosial yaitu Desa Wisata Munjungan. Komunitas ini mengambil fokus perhatian di bidang pariwisata, karena pariwisata bersifat multidimensi. Dari pariwisata, dampaknya akan ke berbagai hal seperti perekonomian, kebudayaan, lingkungan, skill, dan lain-lain. Berikut deskripsi singkat proyek sosial yang sedang kami rintis.
Desa wisata merupakan suatu kawasan pedesaan yang memiliki ciri dan karakter untuk menjadi daerah tujuan wisata. Dalam proyek ini, desa yang akan dipilih sebagai obyek desa wisata adalah desa Munjungan, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur. Kawasan ini memiliki beberapa potensi yang dapat menjadi daya tarik antara lain objek wisata alam yang memiliki lebih dari 10 pantai, dan budaya seperti jaranan, latihan gamelan, perayaan upacara adat longkangan dan agrowisata seperti petik cengkeh, petik durian, dan lain-lain.  Pembangunan desa wisata Munjungan ini turut mendukung kebijakan pemerintah mengenai pembangunan yang akan difokuskan pada pedesaan, sesuai dengan UU Otonomi Daerah No. 22/99. Dengan pembangunan yang fokus di pedesaan diharapkan akan terjadi perubahan sosial kemasyarakatan dari urbanisasi ke ruralisasi (orang-orang kota pergi ke desa untuk berekreasi). Yang selama ini terjadi karena pembangunan lebih banyak terjadi di daerah perkotaan, sehingga orang-orang desa banyak pergi ke kota untuk mencari pekerjaan, dan kemudian menetap di kota. Dengan dibangun desa wisata masyarakat akan semakin terdorong untuk menjaga lingkungan dan nilai-nilai tradisi, seni dan budaya. Selain itu, keberadaan desa wisata akan memberdayakan masyarakat untuk dapat meningkatkan kesejahteraannya. Desa wisata tidak hanya mengenai wisatawan yang berwisata, tetapi juga sebagai penopang perekonomian dan peningkatan kesejahteraan masyarakat. Kedatangan wisatawan ke desa juga akan mampu menggerakkan roda perekonomian masyarakat desa seperti menjual hasil kerajinan, makanan khas pedesaan, dan lain-lain. Ini berarti membuka lapangan kerja baru dan tambahan income bagi masyarakat desa. (oleh : Berdit Zanzabela)


Untuk warga Trenggalek yang cinta bumi Menak Sopal, mari dukung proyek ini dengan memiliki kaos #ATT.
Dengan memiliki kaos ini kalian sudah ikut menyumbang untuk pembangunan desa wisata Munjungan.

Adapun launching perdana komunitas "Aku Tresno Trenggalek" akan digelar pada hari Minggu, 25 Januari 2015 di alun-alun (tepatnya saat Car Free Day). Acara akan dimeriahkan dengan kegiatan senam pagi dan live music (pakaian kaos #ATT, jika belum punya baju bebas).

#socialproject 
#akutresnotrenggalek 
#passion 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news

Blogroll

About